Friday, May 1, 2015

Perbedaan New Honda Supra X 125 FI dengan Honda Supra X 125D Gen 1 2005

New Honda Supra X 125 FI



Honda Supra X 125D Gen 1 2005


Terasa tarikan Supra FI baru ini responsif di tiap gear. Setelah test riding terasa motor ini lebih tinggi sedikit dari Supra lawas dengan tinggi badan 174 cm kaki menapak pas ke tanah dan sistem pengereman Supra FI dengan rem cakram depan belakang terasa pakem ketika saya mencoba rem mendadak dan tidak ada gejala selip dan dibanding Supra lawas pada saat rem mendadak pernah saya alami stang depan terasa mau melayang tetapi tidak sampai selip. Namun saya sempat mencoba tes cari tau limiter rpm Supra FI baru ini , tetapi karena mesin ini masih baru jangan sering juga mengeber ke rpm tinggi, namun akhirnya saya beranikan diri mencoba tes geber rpm tinggi 2x sampai limiter dan melihat arah jarum speedometer, inilah hasil akurat yang saya raih dari gear 1 sampai gear 4 :

Gear 1 : 40 kph
Gear 2 : 70 kph
Gear 3 : 95 kph
Gear 4 : 110 kph itu belum max , masih bisa naik .

Dari tes ini , terasa Supra lawas lebih kencang dan cepat dari Supra FI baru ini karena gear 1 dan gear 2 sudah beda jauh. Ini hasil Supra lawas yang pernah saya tes geber dari gear 1 sampai gear 4 :

Gear 1 : 60 kph
Gear 2 : 90 kph
Gear 3 : 110 kph
Gear 4 : 115 kph max

Dan ini screenshot video top speed Supra X 125D Gen 1 2005 lawas yang saya rekam pertama kali dengan 1 tangan tahun 2014 lalu di jam 5 pagi dan saya sengaja merekam di jam segitu karena belum banyak kendaraan pada saat itu, berbahaya namun akhirnya berhasil setelah beberapa kali gagal video karena kondisi jalan dan kendaraan di depan saya. Untuk full video top speed supra lawas ini bisa kunjungi link youtube ini :

https://youtu.be/USMmnEwqknY


Sebenarnya Supra lawas ini dulu tahun 2005 pada saat masih baru dan saya masih duduk di bangku SD pernah melihat sendiri duduk di depan melihat speed speedometer Supra lawas ini bisa meraih 120 kph max oleh ayah saya, mungkin karena faktor usia mesin untuk meraih 120 kph sekarang sudah sulit .

Dari speed tercepat yang saya tes dari Supra FI baru ini dapat diraih cepat hingga kecepatan 95 kph dan untuk lanjut meraih hingga 105 kph sedikit lama, berbeda dengan Supra lawas yang lebih cepat dengan speed tercepat di 105 kph dan mulai lambat hingga 115 kph .


Dibagian Speedometer Supra FI terlihat modern dan jelas namun berbeda dengan Supra lawas yang sudah setengah digital dan sudah menganut lampu LED di speedometernya, tidak seperti Supra FI ini yang telah menjadi full analog dan memakai bohlam kecil biasa didalam speedometer dan lanjut memutar kunci kontak on tidak seperti Supra lawas yang memutar jarum langsung ke 160 dan balik lagi. Untuk penghitung kecepatan speedometer di Supra FI ini melalui ban depan berbeda dengan Supra lawas yang melalui ban belakang, Jadi ketika standar tengah dan masuk gear 1 2 3 4, speedometer Supra FI ini tidak akan berjalan naik dan jarum kecepatan tetap di angka 0 , tidak seperti Supra lawas yang berjalan naik jarum speedometer hingga 150 kph limit ketika digeber dengan kondisi standar tengah .


Lampu brake belakang Supra FI ini sudah menganut lampu LED 6 titik yang hemat daya dan berbeda dengan Supra lawas yang masih memakai bohlam biasa . Terlihat di lampu sorot tanda pelat nomor kendaraan telah saya ganti dari bohlam kecil biasa ke lampu LED yang lebih hemat daya warna biru .


Kunci kontak bermagnet dengan lampu dan auto close ketika kunci kontak dicabut, lampu ini akan lebih terang jika dibawa ke cahaya terang dan lampu ini akan melemah dan mati ketika tidak ada cahaya. Berbeda dengan Supra lawas dengan kunci kontak bermagnet namun tidak ada lampu malam dan tidak auto close ketika kunci kontak dicabut. Terlihat di gambar ada tertulis "SEAT" yang artinya tempat duduk jika ingin dibuka tinggal tutup kunci kontak dari posisi ON ke SEAT terus dorong kunci kontaknya dan tempat duduknya otomatis terbuka, berbeda dengan Supra lawas ketika ingin membuka tempat duduk harus melepas kunci kontak dan membuka dari samping .


Lampu senja Supra FI lebih terkesan desain racing sporty yang tajam dan saya sempat mengganti lampunya juga dari bohlam kecil biasa ke lampu LED yang lebih hemat daya dan inilah tampak LED biru .


Gear belakang Supra FI ini lebih besar 39 mata dibanding dengan Supra lawas yang masih 35 mata, jadi dengan gear belakang yang lebih besar maka otomatis saat naik tanjakan tidak perlu sering pindah gear terus .


Desain knalpot New Supra FI ini lebih sporty dengan pelindung chrome berbeda dengan Supra lawas dan saya tes mengeber gas ternyata suaranya sudah terkesan racing dan tajam, berbeda dengan Supra lawas yang suaranya terdengar standar saja .

Supra FI ini juga sempat saya ketahui telah mengusung injeksi PGM-FI Step 5 dengan Power 10,1 PS pada putaran 8000 rpm dan Torsi 0,95 kgf.m pada putaran 4000 rpm, Torsi maksimum 0,95 kgf.m pada 4000 rpm terbilang sangat bertenaga ketika dibawa ke tanjakan karena cukup gas sedikit sudah bisa naik ke tanjakan dengan cepat dan sempat saya juga tes pindah ke gear 2 dan naik tanjakan tetap bisa naik dengan lancar tanpa gejala berat atau lain lain .

Soal Konsumsi bahan bakar New Supra FI di iklan terbaca 61,8 km/liter metode ECE R40 dan saya sendiri tes membawa terasa hemat dan tidak boros, biasanya untuk jarak tempuh / liter itu tergantung dari gaya pengendara ketika mengeber gas dan apakah sering terjebak macet atau tidak .

Sekilas ini review dari saya, Thanks

20 comments:

  1. Gan,itu lampu senja,fitting nya tipe apa ya? Punya ane supra x 125 helm in pgm fi,pengen ganti kaya ente punya gan.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu fitting T10 gan, tinggal pnp saja untuk pemasangannya ..

      Delete
  2. Analisis yang bagus. cukup bisa dibuat patokan sebelum memberli supra 125 fi. Makasih...

    ReplyDelete
  3. Gan, lampu seinnya di pindah di paling atas gak, ya? Yang aslinya di jadikan lampu senja (di balik)

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga gan, pny gw ssuai pabrikan, senja atas, bawah sein, tergantung selera masing2, ad yg di balik lampu senja ke sein, sein ke lampu senja, tinggal cabut soket aja tanpa potong kabel

      Delete
  4. Gan boleh gk knalpotnya diganti pake satria fu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gw sih saran mending standar, karena yg injeksi ad kabel O2 sensor terpasang di knalpot, tapi kalau memang knalpot dari FU ad colokan O2 sensor sah2 aja pasang

      Delete
  5. Gan gir set new supra x 125 fi ini pnp ga di supra x 125 karbu thn 2009? Pengen ganti krna gir bawaan yg 35T ga kuat nanjak buat boncengan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya pnp bisa gan karena beda 4 mata, asal sumbu pengencangan baut piringan rantai pas dan penutup rantai tidak bersinggungan

      Delete
  6. analisa yang cukup baik dan detail.

    ada pertanyaan sedikit gan..
    ada yang bilang untuk perpindahan gear position 1 ke 2 itu rada keras yah.. tapi untuk gera selanjutnya 3-4 normal. bener gak gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan, saya sendiri sudah memakai dalam waktu 2 tahun belakangan ini sering terjadi kadang pindah gear 1 ke 2 rada keras, gear 3 dan 4 tidak ada kendala, cuman hal itu jarang2 sih terjadi, namun pernah juga perpindahan gear ada suara tok tok tok gitu dan skrg ga muncul lg karena sudah di atasi oleh ahass

      Delete
  7. Replies
    1. Sangat halus gan, kalau bawaan standar knalpot honda rata2 gak ada berisik karena suara desibel sudah diatur sesuai aturan oleh pabrikan

      Delete
  8. Top speed supra x fi saya mencapai 130 gan,, bahkan pernah ngimbangin fu karbu, yg ingin saya tanyakan apakah kondisi mesin masih baik atau buruk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lari sampe 130km/h itu uda diluar standar, Itu mesinnya pasti sudah tidak standar bawaan, antara sudah di bore up mesinnya atau bagian ECU di tuning pakai Piggyback atau ECU Aftermarket

      Delete
  9. Gan kalo gir set ganti belakang 37 depan 14 rantai 428 untuk Supra fi .ada kendala ga untuk tarikan.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau standar gear belakang 14-39 di downgrade jadi 14-37 perbedaan ditarikan, top speed nambah tapi torsi buat nanjak jadi kurang karena gear belakang diturunkan dari standar 14-39 ke 14-37, kalau mau kejar akselerasi/nanjak naikkan gear belakang diatas 39, misal 14-41

      Delete